Rangkuman materi manejemen teknologi informasi

RANGKUMAN MATERI .

Pengertian komputer.
Kata Komputer berasal dari kata bahasa Yunani "Computare" yang berarti memperhitungkan
atau menggabungkan bersama-sama. Kata com berarti menggabungkan dalam pikiran atau secara
 mental, sedangkan putare berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan. Dalam bahasa Inggris: "To Compute" yang artinya menghitung.

Definisi komputer secara luas adalah sistem pengolah informasi atau yang mengolah informasi.
Ada juga pengertian yang lainnya tentang komputer yang dipakai selama bertahun-tahun,
dan ada juga beberapa kata yang mengandung arti komputer.Sehingga dalam pengertiannya terdapat pula seperti jenis kalkulator mekanik mulai dariabakus dan seterusnya, slide rule dan semua komputer elektronik yang kontemporer.

Definisi komputer di atas sudah mewakili beberapa alat khusus yang hanya dapat memperhitungkan satu atau memiliki beberapa fungsi. Dengan pemrograman yang benar, sehingga semua komputer dapat mengolah sifat apapun(biasanya dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda merupakan hal yang membedakan antara komputer modern(sekarang) dengan komputer yang lebih awal. Dan dijamin mesin yang akan kita ciptakan dapat meniru alat perkomputeran pada masa depan, meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama.   

komputer digital sudah berganti hingga menjadi yang lebih canggih lagi.

3 Komponen komputer.
Untuk mengoperasikan sebuah komputer, terdapat 3 komponen utama yang harus terpenuhi. Karena ketiganya ini memiliki peran yang sangat penting. Jika kurang satu saja dari 3 kopmonen ini, maka bisa dipastikan komputer tidak akan pernah bisa di operasikan. Dengan kata lain, ketiga komponen ini tidak bisa dipisahkan, dan memiliki peran yang mengikat.

HARDWARE
Hardware atau perangkat keras merupakan komponen dalam sistem komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba keberadaannya. Apabila tidak ada tidak terdapat perangkat keras dalam sistem komputer, maka tidak akan ada yang dioperasikan. Perangkat keras (Hardware) ini terdiri atas perangkat input/output, perangkat penyimpanan, perangkat pemroses. Masing-masing perangkat tersebut ialah, keyboard, mouse, monitor, hardisk, RAM, CPU, dan lain-lain. Perangkat-perangkat keras tersebut saling membentuk satu kesatuan sehingga dapat difungsikan.

SOFTWARE
Software atau perangkat lunak merupakan suatu program yang digunakan dalam komputer berupa intruksi-intruksi (perintah) yang dapat dimnegerti oleh komputer. Software inilah yang mengoperasikan perangkat keras yang ada pada komputer. Tanpa adanya software, perangkat keras komputer tidak akan bisa dioperasikan.      
bayangkan saja jika tidak ada software, bagaimana perangkat keras yang ada dapat di operasikan . dengan adanya software ini kita dapat meminta komputer untuk melakukan  berbagai macam pekerjaan , seperti mengetik, mendengar musik , melihat video dan lain-lain

software utama yang harus ada  dalam komputer adalah sistem operasi baru kemudian sistem operasi tersebut di lengkapi dengan berbagi macam aplikasi  defaul maupun aplikasi tambahan lainnya jika diperlukan  


BRAINWARE
brainware merupakan pemakain atau pengguna komputer, dengan kata lain adalah orang yang mengoperasikan perangkat keras komputer melalui software yang di komputer tersebut. Secanggih apapun komputer, jika tidak ada pengguna yang mengoperasikan (brainware), maka keberadaan komputer tersebut sama saja sia - sia. Karena komputer tersebut tidak bisa  bekerja sendiri tanpa di operasikan oleh  pemakainya         

ketiga komponen di atas, hardware, software, brainware memiliki fungsi dan peran yang mengikat atau saling  berkaitan satu dengan lainnya. Jika satu komponen saja tidak terpenuhi , maka  komputer tersebut tidak akan pernah dapat beroperasi , karena komputer hanya lah sebuah  rangkaian elektronika yang hanya berfungsi jika di dukung dengan komponen  lainnya , yaitu software dan brainware.

 Definisi Teknologi dan Pengertian Teknologi
Teknologi adalah kumpulan alat, termasuk mesin, modifikasi, pengaturan dan prosedur yang digunakan oleh manusia. Teknologi secara signifikan memengaruhi manusia serta kemampuan spesies hewan lain untuk mengendalikan dan beradaptasi dengan lingkungan alami mereka. Istilah ini dapat diterapkan secara umum atau untuk daerah tertentu. Contoh: teknologi informasi, teknologi nuklir, teknologi pertanian, dan teknologi komunikasi.
Dalam spesies manusia, teknologi dimulai dengan konversi sumber daya alam menjadi peralatan sederhana. Penemuan prasejarah dari bagaimana mengendalikan api meningkat ke sumber makanan yang tersedia, serta penemuan roda membantu manusia dalam perjalanan dan mengendalikan lingkungan mereka.
Perkembangan teknologi terbaru, termasuk mesin cetak, telepon dan internet telah mengurangi hambatan fisik untuk komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global.
Memang sampai saat ini, diyakini bahwa perkembangan teknologi dibatasi hanya untuk manusia. Tetapi, studi ilmiah terbaru menunjukkan bahwa beberapa binatang telah mengembangkan alat-alat sederhana bersama manusia.
Perdebatan filosofis telah muncul atas penggunaan sekarang dan masa depan teknologi di masyarakat, dengan perselisihan tentang apakah teknologi itu memperburuk atau meningkatkan kondisi manusia.

Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Domain
Domain adalah nama pengganti dari ip address yang akan menuju pada server tertentu dan biasanya diwakili oleh adanya website.
Contoh nama domain : www.pusathosting.com
Sekumpulan data/ fakta yang diorganisasi atau diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerim. Data yang telah diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi si penerima maksudnya yaitu dapat memberikan keterangan atau pengetahuan. Dengan demikian yang menjadi sumber informasi adalah data. Informasi dapat juga di katakan sebuah pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi.    
Apa itu Pengertian Hosting?
Hosting adalah tempat untuk menyimpan data digital yaitu termasuk text, gambar, atau video yang nantinya kesemua informasi tersebut akan di tampilkan dalam bentuk website.
Apa itu Pengertian Website?
Website adalah tampilan grafis sebagai representasi informasi yang ingin disampaikan. Rata-rata website yang ada dalam bentuk profil perusahaan atau informasi perusahaan, toko online, hingga website portal dan social media.

ü HIRARKI
Hirarki (Bahasa Yunani: hierarchia,dari hierarches, "pemimpin ritus suci, imam agung") adalah suatu susunan hal (objek, nama, nilai, kategori, dan sebagainya) di mana hal-hal tersebut dikemukakan sebagai berada di "atas," "bawah," atau "pada tingkat yang sama" dengan yang lainnya. Secara abstrak, sebuah hirarki adalah sebuah kumpulan yang disusun.
Sebuah hirarki dapat menautkan entitas-entitas baik secara langsung maupun tidak langsung, dan baik secara vertikal maupun horizontal. Satu-satunya tautan langsung pada sebuah hirarki, sejauh mereka hirarkis, adalah kepada yang berada di posisi superior maupun kepada yang berada di posisi subordinat secara langsung, meskipun sebuah sistem yang hirarkis secara lebih luas bisa mengadopsi bentuk hirarki alternatif. Tautan hirarkis tidak langsung bisa diperluas "secara vertikal" ke atas maupun ke bawah melalui beberapa tautan dalam arah yang sama, mengikuti sebuah jalur. Semua bagian dari hirarki yang tidak bertaut secara vertikal kepada yang lain dapat bertaut "secara horizontal" melalui sebuah jalur dengan menelusuri hirarki untuk menemukan superior bersama yang berhubungan langsung maupun tidak langsung, dan kemudian ke bawah lagi. Hal ini mirip dengan rekan kerja atau kolega; masing-masing memiliki kewajiban untuk bertanggungjawab pada atasan bersama, tetapi mereka sama-sama memiliki otoritas yang relatif sama. Ada bentuk organisasi yang merupakan alternatif maupun mendukung hirarki. Heterarki (seringkali disebut HT) merupakan salah satunya.
Langkah-Langkah Cara Membuat Website online            
           Cara pertama :
Hosting Website. Jika ingin bikin website kita bisa memilih hosting yang berbayar atau yang gratisan. Jika menggunakan hosting berbayar berarti file CMS-nya harus dikelola dulu secara off line baru kemudian di upload ke Internet. Dan adapun CMS yang bisa kamu gunakan bisa dilihat pada penjelasan di bawah. Dan jika memulih menggunakan hosting berbayar berarti anda harus mengeluarkan biaya per tahunnya minimal 200ribu per tahun. Hosting ini bisa dipesan melalui website RumahWeb.com dan IdWebHost.com. Tapi saya juga menyarankan kalau mau hosting gratis yang tanpa batas bisa menggunakan hosting gratis dari blogspot atau blogger. Terus selanjutnya tinggal dirubah domainnya jadi dot com dan juga tampilan templatenya lebih profesional seperti www.inabuy.com Tapi bila tidak mau repot dan mau websitenya langsung online lebih baik menggunakan jasa pembuatan website dari www.tokoonline.inabuy.com silahkan kunjungi situsnya untuk    memesan.

            Cara kedua :
Domain Website. Domain sendiri adalah alamat sebuah website yang digunakan orang untuk mengakses website anda, misalanya situs di atas www.inabuy.com . Dengan domain orang akan tahu apa alamat website anda. Hanya saja domain juga ada yang gratisan dan ada juga yang berbayar. Untuk yang gratis misalnya dengan membuat blog di blogspot.com maka anda akan mendapat domain misalanya : carabikin.blogspot.com dan lain sebagainya. Sedangkan untuk yang berbayar biasanya tanpa di dahului dengan nama website pengelola blog gratisnya tapi langsung berakhiran dot com, tergantung anda memesan nama domaian apa yang tentunya belum digunakan orang, misalnya www.carabuat.com dan lain sebagainya. Jika ingin memesan domain berbayar tersebut anda juga bisa memesannya di  RumahWeb.com dan IdWebHost.com dan tinggal pilih menu domain dan pesan. Dengan domain dot com yang sudah anda beli bisa dihubungkan ke blogspot yang mana domain blogspot tersebut nantinya akan berubah jadi dot com sesuai yang anda beli. Jika tidak tahu merubah domain blogspot jadi dot com kamu bisa meminta pada penyedian domain tersebut untuk membantu mensettingnya. Jadi tidak perlu repot kan .         

             Cara ketiga :
Template Website.  akhir dari cara membuat website online. Setelah membuat akun di blogspot atau blogger dan kamu pun telah mempunya domain dari blogspot tersebut, dan selanjutnya kamu membeli domain dot comnya dan langsung meminta penyedia domain tersebut untuk mensettingnya. selanjutnya mengganti templatenya jadi tampak profesional seperti website berita dan jenis website lainnya. Tapi pada awalnya kamu harus download terlebiih dahulu template gratisan tersebut dari internet yang bisa kamu peroleh dari berbagai website penyedia template gratis, misalnya dari Zoomtemplate.com atau Mastemplate.com. Tinggal kamu download dan selanjutnya kamu upload ke akun blogspotmu dan jadilah blog dengan platform blogspot jadi website online yang profesional yang tidak seorang pun mengetahuinya kalau anda menggunakan hosting gratis. Tapi jika tidak tahu caranya bisa kamu cari di Google dengan mengetikkan kata kuncinya atau meminta jasa buat website murah Cuma Rp.75.000 dari www.tokoonline.inabuy.com Di website tersebut bukan hanya toko online yang bisa kamu minta dibuatkan, tapi juga jenis website lainnya, seperti website pribadi, website profile perusahaan, website berita dan lain sebagainya.

DEFINISI HOSTING
Hosting adalah tempat anda menaruh file – file pembangun website. Bila kita ibaratkan domain adalah alamat rumah anda, berarti hosting adalah tanahnya.
Istilah hosting sering disebut dengan nama webhosting / webserver / server di dalam dunia internet jadi anda tidak perlu bingung hanya karena beberapa istilah yang berbeda karena intinya tetap sama saja.


CARA MEMBELI HOSTING
Seperti layaknya domain, tempat kita membeli hosting juga ada bermacam – macam:
akan tetapi saya hanya akan merekomendasikan tempat hosting yang sudah terbukti bagus dari segi kualitas, pelayanan dan juga harga yang diberikan. Tempat hosting yang saya gunakan dari pertama kali saya memulai sampai detik ini adalah www.hostgator.com.
Faktor ini sangat penting bagi saya karena ketika kita berbicara masalah hosting, sedikit banyak kita akan memasuki dunia teknis dimana saya bukanlah orang yang mempunyai latar belakang IT sehingga saya sangat membutuhkan support penuh mengenai masalah ini dan saya bersyukur hostgator sangat memahami pentingnya hal tersebut dan memberikan suppoert 24 jam penuh melalui fasilitas chattingnya.

Saya sudah beberapa kali mengalami masalah seputar hosting yang terjadi karena kekeliruan saya sendiri yang ingin coba – coba dan akhirnya gagal, kemudian saya minta tolong kepada hostgator untuk membantu saya dan dalam sekejap permasalahan saya langsung teratasi. Jadi mulai sekarang saya tidak akan fokus kepada hosting dan teknisnya karena akan membuang waktu terlalu banyak dan saya menjadi tidak fokus ke tujuan utama saya membangun bisnis online. Saya serahkan semua masalah hosting kepada hostgator!
– Harga yang terjangkau dan sesuai dengan kualitas
Harga yang ditawarkan hostgator sangat sesuai dengan support dan kualitas yang akan anda dapatkan. Anda cukup membayar sebesar $9.76 atau sekitar Rp.90.000,- perbulan untuk membuat website anda online berapapun jumlah website anda. Apabila anda ingin membayar sekaligus selama setahun, anda akan mendapatkan harga perbulan yang lebih terjangkau sekitar $7,76 saja.
Cukup banyak provider hosting lain yang memberikan harga dibawah hostgator dan karena tergiur melihat harganya, maka saya pernah mencoba membelinya, tapi jujur saja saya tidak puas dengan pelayanan dan kualitas hostingnya karena selalu ada saja masalah yang menghampiri seperti server yang suka down dan support yang tidak 24 jam membuat saya sangat kesulitan dalam hal ini dan akhirnya saya tidak menggunakannya lagi
– Kualitas hosting yang tidak perlu diragukan
Apabila anda menyewa hostgator, anda dipastikan akan mendapatkan hosting yang nyala 24 jam penuh tanpa down. Selama saya berlangganan hostgator, bisa dikatakan tidak pernah website saya mengalami down atau mati dikarenakan faktor hostingnya. Mengingat website saya yang dikunjungi oleh kurang lebih 1000 orang setiap harinya, akan sangat merugikan ketika hosting anda down walaupun itu hanya beberapa jam saja karena hal tersebut dapat membuat anda kehilangan ratusan orang yang berkunjung ke website dan ingin membeli produk anda.
Untuk anda yang ingin langsung membeli hosting, silahkan langsung ikuti langkah – langkah mudah berikut ini:
1. Buka http://hostgator.com dan klik menu “webhosting” di sebelah kiri atas
2. Pilih “babyplan” hosting yang berada di tengah, karena saya sarankan anda untuk membeli hosting yang didalamnya dapat anda instal berapa banyak pun website kedalam hosting anda. Silahkan pilih langsung termin pembayaran apakah yang ingin anda lakukan, perbulan / per 6 bulan / pertahun / per 3 tahun? harga akan menjadi lebih murah ketika anda mengambil pembayaran jangka panjang sekaligus
3. Silahkan pilih opsi sebelah kanan, ketikkan nama domain yang telah anda beli dan klik “continue to step 2”
4. Isikan setiap detail yang diperlukan dan periksa ulang semuanya agar tidak terjadi kesalahan dalam mengisi informasi terutama mengenai metode pembayaran. Setelah itu klik “create account”

Keterangan:
Credit Card Number: 16 digit angka yang terletak di bagian depan kartukredit anda (masukkan tanpa memakai spasi)
Month: Isikan bulan kadaluarsa kartu kredit anda
Year: Isikan tahun kadaluarsa kartu kredit anda
CVV (card verification value): 3 digit angka yang terletak di bagian belakang kartu kredit anda, biasanya ada di samping tanda tangan anda. Security Code biasanya disebut juga dengan istilah CVC (card verification code) / security code
5. Anda akan menuju halaman terima kasih karena telah membeli hosting di hostgator dan pada saat yang bersamaan, anda akan dikirimi email dari hostgator ke inbox pribadi anda seperti gambar dibawah ini

Terdapat 3 poin penting yang perlu anda perhatikan di email tersebut, yaitu:
– Link ke Cpanel hosting anda
– Data login berupa: username & password
– Nameserver / DNS hosting anda: 2 kode serial dari hosting anda di hostgator
Anda wajib simpan ketiga data itu dengan sangat baik karena akan sangat diperlukan ketika anda akan melakukan instalasi website berbasis wordpress.
Selesai! cara membeli hosting hanya sesederhana itu saja. Pada pembahasan selanjutnya saya akan membahas bagaimana cara anda dapat melakukan instalasi website berbasis wordpress dengan menggunakan hosting dan domain yang telah anda beli. Semoga bermanfaat untuk anda! Terima

Nama nama domain yang bayar dan gratis :
 Bayar :
                                .com (bebas)
                                .go.id (government/pemerintah)
                                .net ( Umum)
                                .ac.id ( academy/ kampus )
                                .sch.id ( sekolah )
                                .web.id ( umum )
                                .org ( organisasi )
                                .co.id ( umum )

Gratis:

                                .co.cc
                                .bloggspot.com
                                .tk
                                .co.zz


First


EmoticonEmoticon